Kesehatan Mental


by. M. Ferry Wong

  Masalah kesehatan mental tidak berbeda dengan masalah kesehatan lainnya, sebagian dapat di cegah, sebagian dapat diselesaikan oleh diri sendiri , dan sebagian perlu bantuan propesional.

  ” Mind over matter “ lebih dari sekedar kiasan saja. Hasil berbagai penelitian menunjukkan bahwa pikiran yang sehat dapat mempengaruhi pengobatan dan penyembuhan seseorang. Kita semua memerlukan pikiran yang sehat untuk mendapatkan hidup yang berkualitas.

Seseorang yang sehat mentalnya dapat menghadapi perubahan – perubahan dalam hidup, mempertahankan pandangan hidup yang positif, mencari stimulasi intelektual dan interaksi antar manusia, serta secara kreatif menggunakan waktunya untuk bekerja serta melakukan aktivitas sukarela.

  Sehatkan Pikiran dengan mempertahankan pikiran yang sehat dan perilaku yang positif serta lakukanlah perawatan diri yang baik bagi tubuh maupun pikiran .

Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan adalah :

.

Merawat pikiran anda sama pentingnya dengan merawat tubuh. Seperti kata pepatah, ” Didalam pikiran yang sehat terdapat tubuh yang sehat ” dengan :

 * Istirahat yang cukup ;

* Makan yang teratur dan benar ;

* Berolahraga ;

* Berkonsultasi dengan dokter / konseler / terapis secara teratur .

 

2.

Menjalani gaya hidup yang sehat dapat membantu menghadapi tantangan – tantangan hidup. Berbicaralah kepada dokter / konseler / terapis anda mengenai kecemasan – kecemasan yang dirasakan. Bila perlu, dokter akan merujuk ke ahli jiwa profesional .

Aktifkan pikiran dengan mempelajari hal – hal yang baru, seperti :

* Membaca ;

* Berinteraksi dengan orang lain secara teratur .

 

3. Bersiaplah untuk kehilangan pikiran yang sehat bila tidak mengaktifkan pikiran yang sehat . Ketahuilah dimana saat anda memerlukan bantuan .

 

4.

Salah satu tanda bagi seseorang yang bermental sehat adala kesediannya untuk mencari pertolongan bila hidup terasa sulit atau amat membebani .

Ketahuilah cara mengatasi stress dalam kehidupan dengan teknik :

* Relaksasi ;

* Interaksi dengan teman – teman atau anggota keluarga yang dapat mendukung.

 

5.

Cinta kasih adalah kekuatan yang dapat menumbuhkan semangat. Dukungan sosial dan kasih serta perhatian orang lain amatah penting .

Habiskanlah waktu sendiri atau bersama orang lain untuk :

* Refleksi diri ;

* Meditasi ;

* Ketenangan jiwa .

 

6. Lakukanlah tindakan – tindakan yang dapat memberi kekuatan untuk mengatasi kesulitan – kesulitan yang timbul seperti :

* Berpartisipasi secara teratur dalam aktifitas yang bersifat menyenangkan , santai serta

  kreatif .

7. Meningkatkan gairah hidup untuk menikmati hidup dengan :

* bermain ;

* tertawa ;

* partisipasi dalam aktifitas yang kreatif ;

* Mengerti cara untuk mempertahankan prilaku yang menyenangkan ;

* Kenali dan rayakanlah kebersihan anda .

 

8. Amat penting untuk mengetahui serta memperkokoh keberhasilan.
   

 Stress

Adalah sesuatu yang pasti akan kita alami di saat kita menghadapi lingkungan yang selalu berubah – ubah. Kita memang perlu sedikit tekanan serta tantangan untuk mempertahankan kewaspadaan serta meningkatkan motivasi kita. Namun demikian, stress yang terlalu besar dihubungkan dengan berkembangnya berbagai penyakit , seperti :

 * Sakit kepala

* Sulit tidur ( Insomia )

* Menurunnya konsentrasi

* Makan terlalu banyak atau sedikit

* Tukak lambung

* Tekanan darah yang tinggi

* Penyakit Jantung

* Stroke

* Kanker

 

Stress adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stress membuat tubuh memproduksi hormone adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri . Stress merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stress yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari – hari.

  Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin.

Tetapi stres yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan.

  Beberapa diantara kita mungkin berusaha melarikan diri dari masalah ini atau berusaha menyelesaikannya dengan menggunakan :

* obat – obatan terlarang ;

* alkohol ;

* atau rokok.

  Dalam jangka pendek, tindakan tersebut dapat sedikit membantu, namun biaya yang ditanggung tidaklah sesuai dengan tindakan tersebut yang dapat menimbulkan masalah tambahan dan menghambat penyelesaian masalah awal secara efektif.

  Hal yang efektif adalah dengan memahami dan mempelajari cara mengatasi Stress untuk mendapatkan pikiran yang sehat .

  Mengenal tanda – tanda Stress :

1. Peningkatan denyut jantung atau berdebar – debar
2. Kekakuan otot, terutama di sekitar leher dan bahu
3. Sulit tidur ( Insomia )
4. Menurunnya konsentrasi atau suka lupa
5. Makan terlalu banyak atau sedikit
6. Merokok lebih banyak dari biasanya
7. Minum alkohol lebih banyak dari biasanya
8. Mudah tersinggung dan marah
9. Bertindak agresif dan defensif.
10. Otot – otot tegang
11. Merasa selalu lelah
12. Sakit kepala , perut dan diare.

  Berhentilah merokok untuk selamanya :

Setiap orang mengetahui bahwa merokok lebih banyak memberi kerugian dibandingkan keuntungan. Sebab – sebab yang dapat di timbulkan dari efek merokok terlalu banyak adalah :

* Kanker ;

* Jantung ;

* Penyakit paru ;

* Nafas yang bau ;

* Kesulitan bernapas ;

* Gigi menjadi kuning ;

* Kulit yang tidak sehat ( kusam dan jerawatan ) .

  Walaupun demikian , orang tetap merokok dan banyak anak usia muda yang mulai merokok karena di kaitkan dengan gaya hidup metropolitan . Walaupun statistik yang di sodorkan cukup menakutkan, keputusan akhir untuk berhenti merokok tetap ada pada si perokok itu sendiri .

  Beberapa mitos dan kenyataan tentang merokok :

1. Mengapa harus berhenti merokok ? karena pada akhirnya saya pasti akan meninggal oleh suatu sebab .

Meninggal adalah suatu kepastian yang akan di hadapi oleh semua manusia namun bila seorang perokok sedang memiliki kemungkinan untuk meninggal tahun depan yang besarnya 1,5 X orang bukan perokok yang berusia serta berjenis kelamin sama. Kemungkinan juga untuk 3 X lebih cepat meninggal dunia lebih cepat dari orang bukan perokok dan sekitar 2 X lebih mungkin untuk mendapat serangan jantung atau meninggal karena kanker.

 

2. Bila berhenti merokok, saya akan menjadi gemuk

Bila perokok menghentikan kebiasaanya, 79% dari mereka akan bertambah berat badannya, namun pertambahan rata – ratanya hanya 2,3 kg. Berolah raga dan menjaga makanan yang di santap dapat membantu mencegah terjadinya kegemukan.

 

3. Bila tidak merokok tidak dapat menikmati hidup

Mantan perokok memiliki kualitas hidup yang lebih baik, dengan :

* berkurangnya batuk ;

* Bertambah baiknya fungsi paru serta bertambah kuatnya sistem pertahanan tubuh .

 

4. Lebih baik tetap merokok karena sudah terlanjur sakit akibat merokok

Orang yang berhenti merokok setelah mendapat serangan jantung memiliki kemungkinan untuk meninggal 10 X lebih sedikit dibandingkan mereka yang terus merokok .

5% meninggal setelah 10 tahun mendapat serangan jantung dari yang berhenti merokok.

49% meninggal setelah 10 tahun mendapat serangan jantung dari yang tidak berhenti merokok.

Kemungkinan untuk tetap hidup lebih besar bagi penderita kanker paru bila mereka berhenti merokok .

 

5. Saya akan berhenti merokok nanti sebab tubuh saya masih memiliki waktu untuk mengatasinya .

Untuk menghilangkan efek – efek lainya diperlukan beberapa tahun , walaupun beberapa efek buruk rokok ( yang di sebabkan oleh nikotin ) dapat menghilang dalam beberapa jam sampai beberapa hari setelah berhenti merokok. Untuk sebagian besar penyakit akibat merokok, semakin lama berhenti merokok, semakin kecil kemungkinannya untuk sakit atau meninggal.

 

6. Saya hanya menyakiti diri saya sendiri

Teman serta keluarga tidak hanya harus menghadapi penyakit akibat merokok yang di idap , kebiasaan merokok anda juga akan meningkatkan resiko mereka untuk sakit dan meninggal. Orang yang terpapar asap rokok reguler memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menderita infeksi saluran pernapasan dan penyakit paru seperti pneumonia .

 

7. Saya telah mencoba berhenti dan gagal, jadi kemungkinan besar saya akan gagal lagi bila mencoba berhenti .

Banyak orang yang tidak langsung berhasil menghentikan kebiasaan merokok. Merokok adalah kebiasaan yang bersifat sangat adiktif dan banyak perokok yang mencoba berhenti untuk beberapa kali sebelum mereka akhirnya berhasil. Sebagian besar perokok kambuh kembali pada minggu pertama setelah berhenti, disaat mana gejala penghentian kebiasaan tersebut muncul dengan kuat sedangkan tubuh masih amat tergantung pada nikotin. Waspadalah bahwa saat – saat tersebut adalah saat yang paling sulit dan gunakanlah seluruh kekuatan dan kemauan anda serta teman dan keluarga anda agar dapat melalui masa – masa kritis tersebut .

 

Metode yang baik bagi semua orang berbeda – beda . Cara yang mungkin aneh bagi orang lain mungkin merupakan cara yang terbaik bagi anda. Jadi, janganlah malu untuk mencoba cara yang baru.

Berikut ada beberapa saran yang dapat anda gunakan :

1. Putuskanlah dengan tegas bahwa anda ingin berhenti merokok .Upayakan untuk menghindar dari pikiran negatif mengenai sulitnya upaya penghentian merokok.

 

2. Libatkan keluarga dan teman – teman anda dalam upaya untuk berhenti merokok. Mereka dapat menjadi sumber dorongan amat penting, baik sebelum maupun setelah berhenti merokok.

 

3. Jangan kosongkan asbak anda. Benda tersebut dapat mengingatkan anda tentang banyaknya rokok yang anda isap setiap harinya. Pemandangan serta bau puntung rokok tersebut juga dapat dijadikan peringatan bagi anda .

 

4. Buang semua rokok dan korek yang masih belum digunakan .

 

5. Kunjungi dokter gigi untuk membersihkan kotoran gigi akibat tembakau. Perhatikan betapa indahnya gigi anda setelah dibersihkan dan pastikan agar tetap demikian keadaanya .

 

6. Buatlah daftar barang – barang yang ingin anda beli untuk diri anda sendiri maupun untuk orang lain . Perkirakan harganya berdasarkan harga rokok perbungkusnya dan sisihkan uangnya untuk membeli hadiah – hadiah tersebut .

 

7. Tetapkanlah target waktu untuk berhenti merokok, misalnya pada hari ulang tahun anda atau ulangtahun pernikahan anda, dan upayakan agar rencana tersebut jangan berubah apapun yang terjadi. Langkah ini dapat mempermudah anda untuk mengingat kapan anda mulai berhenti merokok dan untuk merayakannya setiap tahun.

 

 Tips Mengatasi Stress

1. Keluarga sebagai Teman

Bersandarlah kepada mereka. Tindakan yang sehat adalah membicarakan bagaimana perasaan anda, walaupun anda sedang merasa sedikit tertekan. Carilah dukungan dan penyelesaian dari orang – orang yang anda percaya. Bersiaplah juga untuk menjadi pendengar, bila mereka memerlukan teman.

 

2. Pertahankan Pola Kehidupan Anda

Pertahankan untuk tidak melakukan perubahan besar dalam kehidupan anda setiap waktu. Persiapkanlah diri untuk kejadian – kejadian yang dapat kontrol, sehingga anda masih memiliki kekuatan mental untuk menghadapi kejadian – kejadian yang tidak dapat anda kontrol , seperti kematian orang yang kita sayangi.

 

3. Dukungan Profesional

Mencari bantuan bila anda memerlukan adalah tanda bahwa anda memiliki kekuatan serta akal sehat. Carilah ahli psikiatri, psikologi, terapis, konselor keluarga atau pekerja sosial yang dapat diajak bekerja sama serta dapat anda percaya .

 

4. Gaya Hidup Sehat

Berolahraga secara teratur, makan makanan seimbang tiga kali sehari dan mengurangi minum alkohol serta kafein dapat membantu anda mengurangi stres. Kebugaran adalah pemicu rasa nyaman seumur hidup. Pergunakanlah cara tersebut, bukannya alkohol atau rokok, untuk mendapatkan rasa nyaman.

 

5. Teknik Relaksasi

* Bernapas dalam

Untuk menenangkan reaksi alami tubuh terhadap stres, ambilah nafas yang dalam melalui hidung, rasakanlah perut anda mengembang dan keluarkanlah nafas perlahan – lahan melalui mulut. Lakukanlah sebanyak 3 – 4 kali.

 

* Meditasi

Untuk menenangkan diri, pejamkanlah mata dan pikirkan tentang kata atau kalimat yang menimbulkan rasa aman. PIlihlah hal yang membuat nyaman, dan sebutkanlah berulang – ulang pada diri sendiri. Cobalah cara ini selama 5 – 15 menit.

 

* Visualisasi

Untuk menghilagkan gangguan – gangguang mental ketika stres semakin memuncak, ” Melamunlah ” sejenak. Bayangkanlah suatu suasana aman dan nyaman yang anda inginkan dan ” pergilah ” ke sana. Cobalah cara ini selama 5 – 15 menit.

 

Tips Mengatasi Stress yang berhubungan dengan pekerjaan

Stress bisa di kontrol oleh diri sendiri. Atur waktu kerja anda sebaik mungkin. Perencanaan waltu yang tepat dan baik sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.

1. Perencanaan yang baik dan tepat. Putuskan apa yang harus dikerjakan dahulu .
2. Aturlah apa yang harus dikerjakan sesuai urutan kepentingannya, misalnya :

A = sangat penting

B = kurang penting

C = tidak penting

Kerjakan yang sangat penting lebih dakulu dan ikuti jadwal yang sudah anda buat.

3. Selesaikan pekerjaan sebelum memulai tugas yang lain.
4. Usahakan pekerjaan selesai tepat pada waktunya, jangan mengulur waktu, jika memungkinkan pekerjaan dapat selesai waktu yang lebih singkat.

Tips Mengatasi Stress yang berhubungan dengan Pengambilan Keputusan

Membuat keputusan dapat juga menimbulkan rasa stress pada diri anda, lakukanlah beberapa langkah berikut ini :

1. Pikirkanlah hal – hal penting yang mungkin dapat mempengaruhi atau menggangu keputusan.
2. Pertimbangkan dengan seksama kelebihan dan kekurangan dari faktor – faktor yang di ambil untuk membuat keputusan tersebut.
3. Pikirkanlah secara logis berdasarkan kenyataan, jangan terlalu dipengaruhi perasaan.
4. Pikirkan dengan tenang.
5. Jangan takut untuk bertanya atau berkonsultasi bila perlu.
6. Diskusikan segala sesuatu dengan semua pihak yang bersangkutan supaya semua pihak mengerti dengan jelas, mengapa keputusan tersebut diambil dan mempunyai rasa tanggung jawab bersama.
7. Belajar dari pengalaman.

Amnesia

Adalah hilang ingatan. Ingatan ( memori ) disimpan dalam otak untuk waktu yang lama atau sebentar. Salah satu atau kedua fungsi ini dapat terganggu akibat penyakit atau cedera. Kendati biasanya akibat proses penuaan, beberapa kasus amnesia perlu dievaluasi secara menyeluruh. Hilang ingatan secara mendadak tanpa adanya penyakit atau kecederaan sering disebabkan oleh gangguan psikologis. Gejala – gejalanya adalah :

 * Hilang ingatan sebagian atau seluruhnya .

 Penyebab Amnesia :

1. Cedera kapala ;

2. Penyakit , misalnya : epilepsi, penyakit Alzhiemer ;

3. Trauma akibat : huru – hara , stress emosional ;

4. Keracunan alkohol ( tidak sadar ) .

 Tindakan dokter :

1. Menangani trauma atau penyakit yang menyebabkan amnesia. Mungkin menganjurkan untuk dirawat bila kondisinya berat .
2. Menilai kondisi pasien untuk menentukan penyebab amnesia
3. Menyarankan bantuan spesialis jika di perlukan .

Anoreksia Nervosa

Adalah berarti tidak ada nafsu makan dan Nervosa berhubungan denga cemas. Jadi Anoreksia nervosa adalah suatu kelainan emosional atau penyakit mental yang menyebabkan tianya nafsu makan. Terjadi terutama pada remaja wanita, tetapi dapat juga terjadi pada remaj pria, bahkan pada wanita dan pria yang lebih tua .

 

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: