8 Rahasia Keriput


Lawan tanda-tanda penuaan dengan mempelajari sebab terbentuknya kerutan, dan bagaimana pencegahannya.

Ketika berjalan ke mall atau gerai kosmetik , kita akan ditawari setumpuk krim, losion dan serum. Semuanya menjanjikan pencegahan dan penghapusan keriput, yang merupakan ketidaksempurnaan paling ditakuti pada kulit. Meskipun sepertinya kita tahu segala sesuatu tentang keriput, ternyata masih banyak yang perlu kita pelajari. Kami berbincang-bincang dengan dermatolog di seluruh negeri untuk mencari tahu fakta tersembunyi tentang kerutan pada kulit. Berikut beberapa hal tentang penyebab, pengobatan dan pencegahan keriput yang jarang diketahui orang.

1. Meski di dalam mobil, Anda masih berisiko terkena keriput yang disebabkan oleh sinar matahari.

“Jendela mobil Anda bisa menjadi sasaran bergerak sinar matahari yang berbahaya,” kata Ranella Hirsch, MD, seorang dokter kulit yang melakukan praktik di Boston. “Jika Anda menghabiskan berjam-jam di dalam kendaraan setiap hari, sinar UVA, yang menyebabkan sebagian besar kerutan di wajah, memiliki cukup waktu untuk menembus kaca mobil, terlepas dari apakah cuaca sedang cerah atau tidak,” katanya. Cara terbaik untuk memastikan Anda terlindung saat sedang di jalan adalah dengan menggunakan tabir surya setiap hari. Anda bisa juga memasang kaca gelap pada mobil. Kaca ini dapat menghalangi sinar UVA, sehingga Anda tidak terpapar secara langsung.

2. Jika Anda ingin tahu kapan Anda mulai berkeriput, lihat garis keluarga Anda.

“Keriput memiliki faktor genetik,” kata dermatolog Alex A. Khadavi, MD, pencipta perawatan kulit dan rambut Revivogen, Clearogen dan Rejuve MD, yang berbasis di Los Angeles. “Potensi Anda mengalami keriput, kapan muncul kerutan, derajat dan kedalaman garis keriput, dipengaruhi oleh genetik,” katanya. “Melihat orang tua dan kakek-nenek Anda adalah salah satu cara untuk memprediksi potensi Anda mengalami kerutan dan tanda-tanda penuaan. Tanda-tanda penuaan ini dapat berupa kulit yang kendur pada bagian wajah, leher dan dada,” katanya. Ia menjelaskan, “Cara terbaik untuk mencegah tanda-tanda penuaan di daerah tersebut adalah dengan meminimalkan paparan sinar matahari. Cara lainnnya, Anda dapat mengggunakan tabir surya dengan SPF.

3. Tidur pada satu sisi bisa menyebabkan kerutan terukir di wajah.

Dengan bertambahnya usia Anda, jaringan ikat dan kolagen pada wajah tidak akan sekuat dulu. Jadi, ketika Anda tidur pada sisi yang sama setiap malam, kulit akan bertumbukan secara terus-menerus dengan bantal. Kulit wajah tidak akan kembali ke kondisi semula secepat ketika Anda masih muda, menurut ahli kulit, Neil Sadick, MD, profesor dermatologi klinis di Weill Cornell Medical College di New York City. “Kabar baiknya adalah, jika Anda memvariasikan posisi tidur Anda, kulit wajah bisa kembali ke kondisi sediakala.” Untuk mencegah kemungkinan timbulnya garis-garis ini, cobalah belajar untuk tidur telentang.

4. Kerutan pada dahi bisa disebabkan oleh masalah mata.

Kerutan di dahi lebih disebabkan oleh kontraksi pada daerah sekitar mata, dibandingkan indikasi penuaan atau sengatan sinar matahari. “Banyak orang cenderung menangani masalah mata dengan menyipitkan mata. Hal ini menyebabkan kontraksi otot pada bagian dahi dan sekitar alis,” kata Dr. Hirsch. “Melakukan hal ini secara berulang-ulang dapat menambah kerutan pada dahi,” katanya. Jika Anda menangani masalah mata dengan segera, otot di sekitar mata dan dahi akan lebih rileks dan tidak bekerja dengan keras. Hasilnya, kerutan halus pada dahi bisa dikurangi.

5. Makanan berwarna cerah dapat membantu mengurangi keriput.

Buah dan sayuran seperti raspberry, blueberry, paprika merah dan bayam, mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat. Antioksidan ini dapat membantu kulit menahan kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan, sehingga kulit dapat tetap lentur dan berseri-seri, kata Dr. Hirsch. Semakin sehat dan kencang kulit Anda, semakin kecil peluang kulit berkerut, jadi semakin kecil juga kemungkinan munculnya kerutan halus di wajah. “Sebagai aturan umum, makanan yang baik untuk kesehatan jantung, termasuk makanan yang mengandung vitamin C dan E tinggi, seperti kedelai dan teh hijau, juga baik untuk kulit Anda,” katanya.

6. Minum banyak air dapat menjauhkan wajah dari keriput.

Semua orang tahu, kita perlu cukup air setiap hari. Tetapi, selain agar tetap terhidrasi, ada alasan lain kenapa tubuh harus mendapat cairan dalam jumlah yang sesuai. Minum banyak air dapat menjaga kulit tetap lentur dan lembut, kata Dr Sadick. “Ketika kulit Anda kering, keriput muncul,” katanya, karena kulit kering cenderung menjadi kempis dan kuyu, yang membawa keluar garis-garis halus dan lipatan. Air juga membersihkan toksin yang dikumpulkan oleh tubuh, yang dapat menghasilkan dampak negatif pada kulit Anda.

7. Semakin ekspresif diri Anda, semakin banyak keriput yang mungkin Anda miliki

“Terlepas dari umur dan genetik, sering kali kerutan pertama di wajah Anda terbentuk oleh ekspresi wajah berulang-ulang,” kata Dr. Khadavi. “Ini termasuk garis tawa, keriput tipis di sekitar mata, lipatan di dahi, keriput di kening dan sekitar alis,” katanya. “Jika Anda cenderung menggunakan banyak ekspresi wajah, seperti mengerutkan kening, tersenyum atau mengangkat otot-otot dahi saat keheranan, Anda kemungkinan akan membentuk keriput di lokasi tersebut,” katanya. Perawatan yang paling sering digunakan untuk meredakan jenis keriput statis ini adalah injeksi filler seperti Botox dan Restylane.

8. Mendorong terbentuknya kolagen dapat mengurangi munculnya keriput

Kolagen adalah blok pembangun kulit yang membuat kulit kuat dan elastis. Ketika sel tergantikan, kolagen baru diproduksi, menghasilkan kulit lebih remaja dengan sedikit kerutan, kata Dr Sadick. Losion topikal yang mencakup bahan-bahan seperti vitamin C, peptida, asam alpha hidroksi dan retinoid dapat mempercepat pergantian sel, dan merangsang kolagen sampai batas tertentu.

2 Responses to 8 Rahasia Keriput

  1. Mochammad mengatakan:

    Begitu ya… Tapi, karena aku lelaki, ya, males ribet ngurusin keriput😀
    Biarlah berjalan sebagaimana adanya, kapan pun keriput itu akan datang. Yang penting berusaha hidup senang agar bisa tertawa dan tersenyum. Itung-itung buat senam wajah dan siapa tau bisa menunda keriput.. Tapi, kata Titiek Puspa rahasianya minum air putih🙂
    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban.deviantart.com

  2. FISIOTERAPI PLOSO mengatakan:

    ya klo ada obat awet muda bagi-bagi ya apalagi muda sampai tujuh turunan,,,,,,,,,salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: